Pages

Subscribe:

Labels

Pengikut

Popular Posts

Popular Posts

Sabtu, 21 Juli 2012

1 HARI SEBELUM RAMADHAN



Hari ini ternyata belum jadi puasa. Kemarin, sejak sore hari berita sudah menyiarkan bahwa sidang isbat dilakukan pada pukul 6 sore. Ternyata, sidang baru dimulai pukul 7 malam. Malam itu, untuk pertama kalinya dalam 50 tahun, Muhammadiyah tidak mengikuti sidang isbat. Ketua umum mereka, Din Syamsudin, telah memutuskan bahwa awall puasa ramadhan jatuh pada hari jumat tanggal 20 juli 2012. Bahkan aliran Naqsabandiyah telah melaksanakan puasa pada hari kamis. Pemerintah sendiri mengumumkan bahwa awal ramadhan jatuh pada hari sabtu tanggal 21 juli 2012. Hal ini tentunya membingungkan masyarakat, karena jika pada hari itu sudah memasuki bulan puasa, maka yang sholat traweh pun harus kemalaman.


Di beberapa tempat seperti Makassar (dengan teleskop celestron), Jogja, Solo, Medan dan beberapa tempat lain dinyatakan belum terlihat hilal. Namun, di Cakung (Jakarta timur), dan Jepara, beberapa saksi telah melihat hilal, yang kemudian mereka pun di sumpah. Beberapa teman saya pun hari ini juga telah berpuasa. Tapi umumnya warga desa kami mengikuti ketetapan pemerintah. Memang dari tahun ke tahun, seperti untuk menetapkan 1 syawal, kami selalu ikut keputusan pemerintah. NU pun memperkirakan 1 ramadhan jatuh pada tanggal 21 juli 2012, sedangkan di Mesir pada hari jumat waktu setempat telah berpuasa.


Di makam desa, orang-orang yang nyekar juga sepertinya berada pada titik puncak hari kemarin, kamis. Beberapa warga pun juga telah terlanjur memasak dan mengantarkan makanan (berkat) ke tetangganya, namun puasa belum dimulai. Menurut salah satu dosen ITB (Moedjiraharto), hari itu belum ada kesepakatan antara ormas dan pemerintah dalam penentuan hilal. 38 tempat di Indonesia belum melihat hilal.


Seperti tahun-tahun sebelumnya, bahan-bahan pokok naik drastis. Yang paling terasa yaitu harga daging dan juga telur. Kenaikan pun juga terjadi di luar negeri.
Perbedaan penentuan awal puasa terjadi karena menggunakan metode yang berbeda. Ada yang menggunakan Rukyatul hilal, dan juga hisab. Malaysia dan Filipina puasa pada hari sabtu.

0 komentar:

Posting Komentar